Buka Pelaksanaan STQ Ke-XXII di Kelurahan Minas Jaya, Camat Minas Puji Kekompakan Lurah & Para Panitianya 

Jumat, 19 Mei 2023 - 23:38:11 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Camat Minas Dicky Syofyan S.STP, secara resmi membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Kelurahan Minas Jaya ke-XXII (22) tahun 2023. Diselenggarakan di Halaman Kantor Lurah Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, dari hari Jumat malam tanggal 19 hingga Sabtu tanggal 20 Mei 2023 esok.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menyaring Qori Qoriah yang nantinya akan bertanding pada pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Minas yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Mei hingga 01 Juni 2023 di Kampung Minas Barat.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka SH MH, Sekcam Minas Muhammad Darwis S.Sos, Lurah Minas Jaya Rudi Hartono S.IP, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Dr Tony Chandra M.Kes, hingga sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

"Mudah-mudahan tahun ini kita tetap bisa mempertahankan juara umum MTQ tingkat Kecamatan Minas yang telah kita raih pada tahun 2022 lalu. Kegiatan STQ ini sendiri merupakan upaya khusus dalam mendorong masyarakat agar lebih mencintai Al-Qur'an, memahami isinya serta menerapkan pemahaman tersebut didalam kehidupan sehari-hari," imbuh Rudi Hartono S.IP dalam sambutannya.

Menurutnya, pelaksanaan STQ tahun ini tentunya tidak akan mungkin terlaksana dengan baik tanpa partisipasi dari semua pihak. Oleh sebab itu pihaknya dari Pemerintah Kelurahan Minas Jaya tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk berkontribusi terhadap kegiatan tersebut.

"Mudah-mudahan Allah SWT menggantinya dengan yang lebih baik dan diberikan pahala yang berlipat ganda," imbuh Lurah.

"Kami juga menyadari untuk suksesnya kegiatan bukan tergantung pada anggaran. Malam ini, kami membuktikan dengan semangat kebersamaan dan saling membantu, kerja ikhlas, sehingga kita dapat menghadirkan panggung terbaik bagi Qori dan Qoriah kita, untuk bisa bersaing dan mempertahankan juara umum yang telah kita raih pada tahun lalu," tukasnya.

Sementara itu Camat Minas Dicky Syofyan S.STP, dalam arahannya menyampaikan bahwa, kegiatan STQ ini sudah menjadi tradisi ditengah-tengah masyarakat. Tentu, tradisi ini kata Camat, harus dikembangkan dan tetap harus dimajukan dari tahun-ketahun untuk senantiasa dibenahi. 

"Dan yang paling utama bagaimana anak-anak kita dapat mewujudkan prestasi dalam hal memahami dan mempelajari Al-Qur'an," imbuhnya.

Selain itu menurut Camat, pihaknya juga melihat bahwasanya Lurah Minas Jaya beserta panitia STQ tersebut telah berhasil menyelenggarakan kegiatan itu dengan sangat baik.

"Karena dari beberapa tempat kegiatan STQ yang kami ikuti, baru malam hari ini yang termegah. Sebab ini sudah hampir menyamai dengan MTQ tingkat Kecamatan. Tentu hal ini menjadi penyemangat juga bagi kami nantinya dalam penyelenggaraan MTQ yang tuan rumahnya di Kampung Minas Barat," imbuhnya.

Namun demikian lanjut Camat, hal ini bukan untuk dijadikan persaingan. Akan tetapi untuk betul-betul diselenggarakan dengan baik dan sempurna. Dengan semangat dan kekompakan yang tetap dijaga. 

"Tentunya kita berharap juga, STQ di Kelurahan Minas Jaya bisa memunculkan bibit-bibit Qori Qoriah yang nantinya akan mewakili Kelurahan Minas Jaya dalam bertanding pada MTQ tingkat Kecamatan Minas. Mudah-mudahan bisa mempertahankan juara umum sesuai harapan Pak Lurah dan Masyarakat Kelurahan Minas Jaya," katanya.

Tak lupa, Camat Minas juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar menjaga situasi yang kondusif. Sebab kata Camat, tahun ini merupakan tahun-tahun yang sebentar lagi akan menghadapi Pemilu, baik itu legislatif, Bupati, Gubernur dan Presiden. 

"Oleh karenanya mari kita jaga situasi yang kondusif, dan tentunya berharap masyarakat bisa betul-betul untuk saling memahami kondisi ini, kuncinya kita memang harus sama-sama bisa lebih berkreasi dan bisa menjaga situasi yang aman." Tuturnya.****

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex